Kutu Air Itu Menular Lho...

kutu air

Kutu air (athelete's foot) mungkin dianggap penyakit sepele. Tapi hati-hati jika ada orang terdekat Anda yang sedang terkena kutu air, karena penyakit ini sangat mudah menular.

Dilansir MayoClinic, penyakit athelete's foot disebabkan oleh jamur yang berkembang di daerah lembab antara jari-jari kaki dan kadang pada bagian kaki lainnya. Kondisi ini disebabkan oleh jamur Tinea pedis yang menyebabkan gatal-gatal, rasa menyengat dan seperti terbakar.

Gejala yang muncul adalah rasa gatal di jari-jari atau telapak kaki, rasa gatal seperti melepuh, kulit yang mengelupas terutama di jari kaki dan telapak kaki, kulit kering di bagian bawah atau sisi samping kaki serta kuku kaki yang tebal dan rapuh.

Jamur ini akan tumbuh subur jika menggunakan sepatu yang terlalu ketat sehingga jari-jari kaki menjadi hangat atau lembab, serta menggunakan kaus kaki dan sepatu yang basah atau lembab. Hal ini karena lingkungan tersebut sangat mendukung pertumbuhan organisme seperti jamur.

Athlete's foot ini bisa menular melalui kontak dengan seseorang yang terinfeksi atau melalui permukaan yang sudah terkontaminasi seperti handuk, lantai atau sepatu yang dipakai secara bergantian.

Untuk menghindari infeksi jamur ini, ada beebrapa hal yang bisa dilakukan yaitu:


  1. Biasakan untuk mengeringkan kaki terlebih dahulu sebelum menggunakan kaus kaki, sepatu atau sandal tertutup.

  2. Gunakan kaus kaki yang terbuat dari bahan alami seperti katun sehingga bisa menarik kelembaban dari kaki

  3. Ganti kaus kaki atau stoking secara teratur, jika kaki mudah berkeringat gantilah dua kali dalam sehari.

  4. Gunakan sepatu yang memiliki ventilasi udara baik, serta hindari sepatu berbahan sintetis

  5. Gunakan sandal atau sepatu tahan air jika berada di dalam kamar mandi umum, kolam renang, pusat kebugaran atau tempat umum lainnya.

  6. Jangan pernah menggunakan kaus kaki atau sepatu secara bergantian dengan orang lain atau teman.(detikhealth)

Sekian informasi mengenai Kutu Air Itu Menular Lho... yang semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda, untuk informasi lainnya seputar , anda bisa mencarinya di kolom pencarian.

0 komentar:


© 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | Qecak Media Powered by Blogger |